A. Target
market
Adalah
merupakan kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen
pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Target market. Ketika
memutuskan untuk menjual produk, pasti Anda sudah memiliki pangsa pasar atau
target market sendiri. "Penentuan target market bisa menentukan jenis dan
Model kemasan yang sesuai untuk produk yang akan dijual. (sites.google.com, 2011)
B. Ergonomis
ergonomi
adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia sebagai komponen dari suatu
sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun nonfisik, keterbatasan
manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif,
aman, sehat, nyaman, dan efisien. Selain produk yang menarik, kemasan pun harus
dibuat semenarik mungkin atau eye catching. Produk yang menarik mata, dengan
warna dan desain yang unik, akan menarik buat konsumen. Kemasan juga harus
punya nilai ergonomis, yang menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun
penjualnya.
Kenyamanan
kemasan produk merupakan hal yang dicari konsumen, karena memudahkan konsumen
untuk menikmati produknya. Selain itu, produk yang ergonomis juga praktis,
mudah dibawa, nyaman dipegang, dan lain sebagainya. (Wordpress,
2009)
C. Ciri
khas pengemasan
Untuk
lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika
perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang
dijual. "Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi
selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya.
fungsi
kemasan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
·
Kemampuan/daya
membungkus yang baik untuk memudahkan dalam penanganan, pengangkutan,
distribusi, penyimpanan dan penyusunan/ penumpukan.
·
Kemampuan
melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar, misalnya perlindungan dari
udara panas/dingin, sinar/cahaya matahari, bau asing, benturan/tekanan mekanis,
kontaminasi mikroorganisme.
·
Kemampuan
sebagai daya tarik terhadap konsumen. Dalam hal ini identifikasi, informasi dan
penampilan seperti bentuk, warna dan keindahan bahan kemasan harus mendapatkan
perhatian.
·
Persyaratan
ekonomi, artinya kemampuan dalam memenuhi keinginan pasar, sasaran masyarakat
dan tempat tujuan pemesan.
·
Mempunyai
ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah
dibuang, dan mudah dibentuk atau dicetak. (Wikipedia, 2016)
D. Ukuran kemasan
Ukuran
atau unit kuantitas per package adalah hal yang perlu diperhatikan. Hasil riset
pemasaran merupakan hal yang menentukan tentang ukuran yang dapat memenuhi
keinginan pelanggan. Ukuran pengemasan untuk transparansi harus disesuaikan
dengan pola distribusi. Ketepatan
ukuran ketepatan ukuran disini yaitu suatu perusahaan harus memperhatikan antara
kemasan produk dengan daya beli si pembeli. Sesuaikan ukuran kemasan dengan
ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu
kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.
Ukuran
untuk kepentingan transportasi jangan terlalu berat, untuk keamanan dan
kemudahan dalam handling. Disamping indentifikasi dasar, kemasan harus bisa
menarik perhatian konsumen untuk membeli. Kemasan harus merupakan rantai
terakhir dalam kegiatan iklan dan display dan harus bisa bermakna pesan
promosi. (agritech, 2003)
E. Special
pack
Tak
lengkap rasanya menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan
promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang
sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk
memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang
menarik. (Dini, 2012)
DAFTAR PUSTAKA
agritech. (2003, 4 1). PENGANTAR
ILMU KEMASAN. DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI DAN DAGANG KECIL MENENGAH ,
pp. 1-5.
Dini. (2012, 2 12). 5 Cara Menentukan Kemasan Produk. Retrieved 8
18, 2016, from Female: http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk
sites.google.com. (2011, 1 1). pemasaran. Retrieved 8 18, 2016,
from sites.google.com: https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/
Wikipedia. (2016, 4 20). Pengemasan. Retrieved 8 18, 2016, from
Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan
Wordpress. (2009, 2 1). Wordpress. Retrieved 8 18, 2016, from
Wordpress:
https://www.google.co.id/search?q=Ergonomis&oq=Ergonomis&aqs=chrome..69i57j0l5.2160j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
BIODATA
Nama : Heny kurniawati
Sekolah
: SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby
: travelling and Shopping
Motto: BERUSAHA ITU HARUS!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar