• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 17 Agustus 2016

    Pengemasan Hasil Kerja Proyek




          A.  Target market

    Adalah merupakan kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Target market. Ketika memutuskan untuk menjual produk, pasti Anda sudah memiliki pangsa pasar atau target market sendiri. "Penentuan target market bisa menentukan jenis dan Model kemasan yang sesuai untuk produk yang akan dijual.  (sites.google.com, 2011)

         B.  Ergonomis

    ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun nonfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien. Selain produk yang menarik, kemasan pun harus dibuat semenarik mungkin atau eye catching. Produk yang menarik mata, dengan warna dan desain yang unik, akan menarik buat konsumen. Kemasan juga harus punya nilai ergonomis, yang menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun penjualnya.
    Kenyamanan kemasan produk merupakan hal yang dicari konsumen, karena memudahkan konsumen untuk menikmati produknya. Selain itu, produk yang ergonomis juga praktis, mudah dibawa, nyaman dipegang, dan lain sebagainya. (Wordpress, 2009)

         C.  Ciri khas pengemasan

    Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. "Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya.
    fungsi kemasan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    ·         Kemampuan/daya membungkus yang baik untuk memudahkan dalam penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan dan penyusunan/ penumpukan.
    ·         Kemampuan melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar, misalnya perlindungan dari udara panas/dingin, sinar/cahaya matahari, bau asing, benturan/tekanan mekanis, kontaminasi mikroorganisme.
    ·         Kemampuan sebagai daya tarik terhadap konsumen. Dalam hal ini identifikasi, informasi dan penampilan seperti bentuk, warna dan keindahan bahan kemasan harus mendapatkan perhatian.
    ·         Persyaratan ekonomi, artinya kemampuan dalam memenuhi keinginan pasar, sasaran masyarakat dan tempat tujuan pemesan.
    ·         Mempunyai ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah dibuang, dan mudah dibentuk atau dicetak. (Wikipedia, 2016)

         D.  Ukuran  kemasan

    Ukuran atau unit kuantitas per package adalah hal yang perlu diperhatikan. Hasil riset pemasaran merupakan hal yang menentukan tentang ukuran yang dapat memenuhi keinginan pelanggan. Ukuran pengemasan untuk transparansi harus disesuaikan dengan pola distribusi.   Ketepatan ukuran ketepatan ukuran disini yaitu suatu perusahaan harus memperhatikan antara kemasan produk dengan daya beli si pembeli. Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.
    Ukuran untuk kepentingan transportasi jangan terlalu berat, untuk keamanan dan kemudahan dalam handling. Disamping indentifikasi dasar, kemasan harus bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli. Kemasan harus merupakan rantai terakhir dalam kegiatan iklan dan display dan harus bisa bermakna pesan promosi. (agritech, 2003)

         E.  Special pack 

    Tak lengkap rasanya menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik. (Dini, 2012)






    DAFTAR PUSTAKA


    agritech. (2003, 4 1). PENGANTAR ILMU KEMASAN. DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI DAN DAGANG KECIL MENENGAH , pp. 1-5.
    Dini. (2012, 2 12). 5 Cara Menentukan Kemasan Produk. Retrieved 8 18, 2016, from Female: http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk
    sites.google.com. (2011, 1 1). pemasaran. Retrieved 8 18, 2016, from sites.google.com: https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/
    Wikipedia. (2016, 4 20). Pengemasan. Retrieved 8 18, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan
    Wordpress. (2009, 2 1). Wordpress. Retrieved 8 18, 2016, from Wordpress: https://www.google.co.id/search?q=Ergonomis&oq=Ergonomis&aqs=chrome..69i57j0l5.2160j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8



    BIODATA
    Nama    : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
    Hobby   : travelling and Shopping
    Motto: BERUSAHA ITU HARUS!!!


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel