• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 09 November 2016

    MATERI 15 TROUBLESHOOTING PERANGKAT JARINGAN NIRKABEL




    A.  Perangkat bluetooth    
    Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. (wikipedia, 2013)
    Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

    B.  Perangkat Access point
    Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. (wirelessmode, 2016)
    Secara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

    C.  Perangkat Grid antena 
    Antena grid merupakan salah satu antena wifi yg paling populer. Perangkat keluaran TPLINK ini berfungsi untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point, atu sebagai client dai RT/RW NET.
    Fungsinya adalah dimana antenna ini adalah menerima dan mengirim signal data dengan sisitem gelombang radio 2,4 Mhz.Dimana data tersebut bisa dalam bentuk intranet atau internet. (Srg, 2012)
    Macam-macam antena grid
    ·         Antena Grid Hyperlink 24 dBi (HG2424G-NF)
    ·         Antena Grid 24 dBi ini didesain untuk Sistem Komunikasi menggunakan Wireless LAN. Karakteristik antena ini antara lain : High Gain, Jarak Jauh, dan F/B Ratio yang besar.
    D.  Perangkat Antena omnidirection
    Antena Omni Directional: Antena WiFi adalah ini jenis antena yang digunakan untuk Point-to-Multi-Point sistem.  Alat ini dapat berfungsi sebagai antena utama untuk mendistribusikan sinyal yang masuk, ke komputer lain atau periferal dalam jaringan kerjanya.  antena Omni directional membantu menyebarkan sinyal radio ke segala arah atau pada bidang antena Wifi antena Omni directional
    antena Wifi antena Omni directional
    ·         horizontal, tetapi sangat terbatas tersebut pada bidang vertikal. Umumnya Type Antena Omni Directional antena terdiri dari Antena Omni Vertikal, Antena Omni Wibberducks, Antena Omni  Mobile vertikal dan Antena Omni Ceiling Dome. (ADMIN, 2011)
    E.  Perangkat Antena pico
    Pico Stasiun itu menurut pendapat saya adalah alat yang hampir mirip seperti Nano Stasiun yang dapat mengubah modenya menjadinya AP,AP WDS,Stasiun dan Stasiun WDS tetapi cuma ukurannya lebih kecil dari Nano Stasiun. (Dede, 2012)

    F.  Perangkat wireless repeater / router
    Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).
    Fungsi Repeater :
    ·         Untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar)
    ·         Untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar)
    ·         Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server.
    Pengertian Router
    Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.
    Fungsi Router :
    Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). (opok, 2013)


    DAFTAR PUSTAKA


    ADMIN. (2011, 1 2). Antena WiFi : Antena Omni, Antena Directional dan Cara Kerjanya. Retrieved 11 9, 2016, from JARINGAN KOMPUTER: http://jaringankomputer.org/antena-wifi-omni-antenadirectional/
    Dede. (2012, 3 4). Pico Stasiun. Retrieved 11 9, 2016, from Blognya Dede YanaBlognya Dede Yana: http://dedeandrailmutkj.blogspot.co.id/
    opok. (2013, 5 5). yess. Retrieved 11 9, 2016, from router: http://www.scg.web.id/2013/05/pengertian-dan-fungsi-nic-repeater-hub.html#
    Srg, I. (2012, 10 10). Antena Grid. Retrieved 11 9, 2016, from Berbagi.com: http://ismaelsrg4.blogspot.co.id/2012/10/antena-grid.html
    wikipedia. (2013, 1 3). Bluetooth. Retrieved 11 9, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Bluetooth
    wirelessmode. (2016, 1 6). Pengertian Access Point dan Fungsinya. Retrieved 11 9, 2016, from wirelessmode: http://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html

    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ
    Motto : Jika ilmu telah kau dapatkan,
     maka ia berhak kau sebarkan..!!!


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel