• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Senin, 07 November 2016

    MATERI 3-PROTOKOL ROUTING OSPF



    Operasi protocol rute link-state
    Kita mengenal ada dua jenis protokol routing, yaitu distance vector dan link state. Distance vector adalah proses routing berdasarkan arah dan jarak. Sementara link state adalah proses routing yang membangun topologi databasenya sendiri. Konsep dasar dari link state routing adalah setiap router menerima peta (map) dari router tetangga. Link state bekerja dengan cara yang berbeda dari distance vector. Walaupun proses pengumpulan informasi routingnya lebih rumit dan berat dari distance vector, namun link state lebih realible, lebih skalabel dalam melayani jaringan besar, lebih terstruktur dan juga lebih menghemat bandwith. (hyperactive, 2013)
    Protokol routing link-state dikenal juga sebagai protokol shortest path first dan dibangun atas algorithma shortest path first Edsger Dijkstra’s.

    Ukuran/metric dan konvergensi OSPF
    OSPF adalah protokol routing yang diperuntukkan bagi jaringan IP dengan Interior Gateway Protocol (IGP) oleh working group dari Internet Engineering Task Force (IETF). OSP memiliki dua karakteristk utama, yaitu open standard dan berbasis pada algoritma SPF yang kadangkala direferensikan dengan algoritma Dijkstra (seseorang yang memiliki kontribusi pembuatan algoritma SPF).
    Proses dasar pembelajaran rute-rute OSPF untuk pertamakalinya umumnya:
    a. Setiap router menemukan neighbor melalui setiap interface-nya. Daftar setiap neighbor di simpan dalam    
        tabel neighbor.
    b. Setiap router menggunakan protokol tertentu untuk bertukar informasi topologi (LSA) dengan
        neighbor-nya.
    e. Setiap router menyimpan rute-rute terbaik ke setiap subnet ke dalam tabel routing-nya. (putroweb, 2015)
    OSPF menggunakan protokol routing link-state dengan spesifikasi sebagai berikut:
    – Protokol routing link-state
    – Merupakan open standard protokol routing yang dijelaskan di RFC 2328
    – Menggunakan algoritma SPF untuk menghitung cost terendah
    – Update routing dilakukan secara floaded saat terjadi perubahan topologi jaringan

    Tetangga dan batasan dekat OSPF
    OSPF harus membentuk hubungan dulu dengan perute tetangganya untuk dapat saling berkomunikasi seputar informasi perutean. Untuk membentuk sebuah hubungan dengan perute tetangganya, OSPF mengandalkan protokol Hello. Namun uniknya cara kerja protokol Hello pada OSPF berbeda-beda pada setiap jenis media. Ada beberapa jenis media yang dapat meneruskan informasi OSPF, dan masing-masing memiliki karakteristik sendiri, sehingga OSPF pun bekerja mengikuti karakteristik mereka. Media tersebut adalah: (Govandap, 2015)
    ·         Broadcast Multiaccess
    ·         Point-to-Point
    ·         Point-to-Multipoint
    ·         Non-broadcast Multiaccess (NBMA)

    OSPF wilayah tunggal
    Dengan adanya konsep area dalam OSPF maka akan mempermudah peranan suatu router dalam suatu topologi jaringan. konsep area dalam OSPF seperti Internal Router yang merupakan kumpulan router yang berada dalam satu jaringan area. Backbone Router jalur utama dalam OSPF karena memiliki informasi topologi dan routing seluruh jaringan OSPF dan biasanya ditandai dengan alamat 0.0.0.0 (atau Area 0). Area Border Router (ABR) merupakan penghubung antara area 0 dengan area lain ( 2 koneksi, yaitu koneksi ke area 0 dan koneksi ke area lain). (AAN, 2010)

    OSPF dasar untuk wilayah tunggal
     (ASBR) merupakan penghubung antara OSPF dengan routing protokol lainya di suatu jaringan dan berada dalam satu hak administrasi, satu kepemilikan, satu kepentingan serta dikonfigurasi menggunakan policy yang sama biasa disebut Atonomous System (AS). Stub Area, yang merupakan area paling akhir/ujung dari suatu jaringan, tidak ada cabang-cabangnya lagi sehingga area ini tidak menerima informasi dari luar, dia hanya menerima informasi dari router-router yang ada dalam jaringannya dan untuk hubungan ke luar, menggunakan Default route.
    Karameter OSPF
    Totally Stub Area merupakan Stub area yang diperketat perbatasan ( tidak akan pernah menerima informasi dari jaringan luar di luar jaringan mereka). Walupun OSPF memiliki banyak keunggulan diantara routing protrotokol lainya. Tetapi OSPF ketika di lakukan implementasi yang sembarang akan menimbukan masalah ketika jika jaringan makin luas dan besar dalam satu area, maka makin banyak juga adjacent dan neighbour router yang dilayani, proses pertukaran informasi routing-pun juga semakin banyak serta tabel routing yang semakin banyak pula. Sehingga butuh memory dan processor yang compatible dengan keadaan jaringannya. Hal ini dapat memperlambat router dalam pengiriman informasi state.

    Konfigurasi OSPF
    Ketiga router berada dalam satu area, area 0 atau area backbone. 
    Network 172.16.0.0/24 adalah LAN pada router R1 L
    Ok kita konfigurasikan ospf pada ketiga router. 
    goog_312091757Router R1
    R1# configure terminal
    R1(config)# router ospf 1
    R1(config-router)# network 12.12.12.0 0.0.0.3 area 0
    R1(config-router)# network 172.16.0.0 0.0.0.255 area 0
    R1(config-router)# network 200.0.0.1 0.0.0.0 area 0
    R1(config-router)# exit

    Router R2
    R2# configure terminal
    R2(config)#router ospf 100
    R2(config-router)# network 0.0.0.0 255.255.255.255 area 0
    R2(config-router)# exit
    R2(config)#

    Router R3
    R3# configure terminal
    R3(config)# interface fastEthernet 0/0
    R3(config-if)# ip ospf 1 area 0
    R3(config-if)# interface loopback 0
    R3(config-if)# ip ospf 1 area 0
    R3(config-if)# interface loopback 1
    R3(config-if)# ip ospf 1 area 0
    R3(config-if)# exit
    R3(config)# router ospf 1
    R3(config-router)# router-id 10.10.10.10 

    Cara konfigurasi pada router R1 adalah yang paling umum, dimana kita mengaktifkan routing protokol ospf pada router cisco, meng-advertise network dan menentukan area. Pada router R2 adalah versi singkatnya, daripada menggunakan ip address network yang akan diadvertise, kita gunakan wildcard -nya, sehingga perintah "network 0.0.0.0 255.255.255.255 area 0" berarti semua ip address pada interface aktif (up/up) akan dimasukkan dalam area 0.
    Pada router R3, kita mengkonfigurasikan ospf langsung dibawah interface, sintaks-nya adalah ip ospf ospf-process area-ospf.  (NOOV, 2013)
    Rentang nilai proses ospf ini adalah 1 - 65535, dan tidak perlu sama untuk setiap router.

    DAFTAR PUSTAKA

    AAN. (2010, 1 3). OSPF (OPEN SHORTES PATH FIRST). Retrieved 11 7, 2016, from OSPF (OPEN SHORTES PATH FIRST): http://redugm.blogspot.co.id/2011/04/ospf-open-shortes-path-first.html
    Govandap. (2015, 1 2). TETANGGA DAN BATASAN OSPF. Retrieved 11 7, 2016, from JOOPRO!: https://joopro.wordpress.com/2015/12/01/tetangga-dan-batasan-ospf/
    hyperactive. (2013, 2 3). Hunter swandi Hyperactive campur aduk. Retrieved 11 7, 2016, from Hunter swandi Hyperactive campur aduk: http://hunter-hyperactive.blogspot.co.id/2010/10/protokol-routing-link-state.html
    kurniabudi. (2010, 1 2). Protokol Routing Link State. Retrieved 11 7, 2016, from Protokol Routing Link State: https://kbudiz.wordpress.com/kuliah/protokol-routing-link-state/
    NOOV. (2013, 1 3). BELAJAR CISCO. Retrieved 11 7, 2016, from cisco-journeY: http://cisco-journey.blogspot.co.id/2013/12/ospf-single-area.html
    putroweb. (2015, 2 3). OSPF DAN EIGRP. Retrieved 11 7, 2016, from OSPF DAN EIGRP: http://putroweb.blogspot.co.id/2009/03/ospf-dan-eigrp.html

    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ

    1 komentar:

    1. Bagus Artikel nya mengenai menambah ilmu bagi saya yang sedang mempelajarinya.

      Kunjungi juga ya, banyak pembahasan mengenai Routing OSPF informasi seputar dunia Komputer dan Jaringan lengkap materi serta tutorial yang dapat membantu anda.

      http://bit.ly/2LyHT4k

      BalasHapus

    Fashion

    Beauty

    Travel