• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 03 Agustus 2016

    LAPISAN FISIK LAN
    Oleh Heny kurniawati
    A.      Pendokumentasian Jaringan
    Dokumentasi sangat penting, dalam suatu jaringan komputer, alokasi port, gambar jalur perkabelan, identitas kabel, dan sebagainya. dan yang tidak kalah pentingnya dokumentasi harus selalu diperbaharui setiap terdapat perubahan.

    Bila suatu jaringan komputer tidak memiliki dokumentasi, maka mulailah dibuat dokumentasi nya sebagai berikut:
    ·                     Memberikan Identitas tiap-tiap kabel yang ada.
    ·                     Buat Gambar jalur-jalur kabel yang ada.
    ·                     Buat daftar dari Alat yang terhubung dengan jaringan, yang terdapat informasi lokasi alat tersebut, dan alokasi port pada hub.
    Simpanlah dokumentasi ini dengan baik dan yang hanya bisa dilihat oleh yang berwenang, karena dokumentasi jaringan bersifat tertutup untuk menghindari terjadinya sabotase (Dwiono, 2010)

    B.      Standar Pengkabelan EIA 568.
    EIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Electronic Industries Alliance dan TIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Telecommunication Industry Association.
    Maksud dari arti EIA/TIA adalah merupakan standarisasi internasional stuktur kabel untuk telekomunikasi. Kabel yang paling sering kita temui adalah jenis UTP, SFTP.
    Banyak yang menganggap EIA/TIA hanyalah standart untuk kabel jenis ethernet padahal EIA/TIA lebih global untuk telekomunikasi termasuk transfer voice suara (PABX). (cahya, 2016)

    C.      Mengidentifikasi Masalah - Masalah pada Lapisan Fisik.

    ·         Masalah jaringan karena kegagalan kabel jaringan
    masalah jaringan yang umum kita temui akibat putusnya kabel jaringan yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan karena putusnya kabel patch kita karena digigit binatang atau sejenisnya.

    ·         Kerusakan pada kabel dan konektor jaringan
    Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.

    ·         Gangguan atau kerusakan pada Hub/switch
    Hub/switch merupakan terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. (hariyadi, 2015)

    D. Pengujian Kabel  pada Jaringan
    1. dapat menggunakan LAN Taster, atau
    2. dapat melakukan Ping ke PC yang dituju (Andre71, 2015)




    DAFTAR PUSTAKA

    Andre71. (2015, 8 7). Bagaimana pengujian kabel pada jaringan. Retrieved 8 3, 2016, from brainly: http://brainly.co.id/tugas/2998226
    cahya, j. (2016, 8 1). http://jennykomput.blogspot.co.id/. Retrieved 8 3, 2016, from Standar Pengkabelan EIA 586: http://jennykomput.blogspot.co.id/2016/08/standar-pengkabelaneia-586-eiatia-eia.html
    Dwiono, N. (2010, 21 minggu). Pentingnya Dokumentasi Pada Suatu Jaringan Komputer. Retrieved 7 rabu, 2016, from My Nara: http://naradwiono.blogspot.co.id/2010/11/pentingnya-dokumentasi-pada-suatu.html
    hariyadi, f. (2015, 9 14). TROUBLESHOOTING JARINGAN - MASALAH YANG ADA PADA LAPISAN FISIK. Retrieved 8 3, 2016, from unknown-green: http://unknown-green.blogspot.co.id/2015/09/troubleshooting-jaringan-masalah-yang.html

    Biodata:
    Nama    : Heny kurniawati
    Sekolah: SMK Islam 1 Blitar
    Hobby   : travelling and Shopping hehe..
    Motto: Be yourself , be assured you it was great , the spirit !!!


     Tertarik dengan artikel saya KLIK DISINI




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel