• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 03 Agustus 2016

    PEMBENTUKAN TIM KERJA




    A.     Pembagian peran kepemimpinan 

    Prinsipnya adalah sistem pendelegasian kepemimpinan, kepada seluruh anggota tim   yang memiliki potensi dan karakter serta kapabilitas di bidang leadership. (Sakarinto, 2014)
    Anggota tim saling berbagi peran dalam kepemimpinan. Sebagai contoh : kepemimpinan tim di setiap fase proyek akan didelegasikan kepada anggota yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang itu. Sehingga fungsi kepemimpinan di dalam tim dilihat dari kompentensi seseorang, bukan berasal dari titel, otoritas dan senioritas. (Nitisastro, 2015)

    B.      Keterbukaan dan saling mempercayai

    Keterbukaan dan saling mempercayai antar anggota tim. Semua anggota mendapatkan informasi yang sama dari akses yang sama pula serta  dapat berkomunikasi dengan lancar dan jelas. (Utari Sumarmo, 2015)
    Anggota tim bebas untuk mengeluarkan ide-idenya. Eksperimen dan kreativitas selalu digiatkan anggota lainnya wajib untuk menolong anggota bersangkutan, jika memang ide tersebut logis dan berguna. (Aryanto., 2013)

    C.      Komunikasi

    Agar menjadi tim yang menguntungkan perusahaan karena bekerja efektif, maka suatu tim harus memiliki beberapa karakteristik, Memiliki tujuan dan sasaran yang jelas atas dasar komitmen bersama. Semua anggota tim mengerti dan menyetujui tujuan dan sasaran tim dan mereka mau bekerja sama untuk memenuhi hal tersebut. (Aryanto., 2013)
    Komunikasi dapat didefenisikan sebagai memberi atau tukar informasi, isyarat, atau pesan melalui kata, gerakan badan atau tulisan. Defenisi ini menandakan bahwa komunikasi sebagai sebagai satu proses sepihak. Tapi sebenarnya tidaklah begitu, komunikasi bukan hanya sekedar menyampaikan pesan. Ini menyangkut interaksi antara dua insan atau lebih . agar komunikasi menjadi efektif, kedua pihak harus terus menerus memberi dan menerima informasi baik lisan maupun tertulis. (Aulia, 2012)








    DAFTAR PUSTAKA

    Aryanto., R. (2013, 6 12). Membentuk Tim yang Efektif. Retrieved 8 4, 2016, from PPM Manajemen: https://manajemenppm.wordpress.com/2013/06/12/membentuk-tim-yang-efektif/
    Aulia, M. R. (2012, 10 3). KELOMPOK KERJA DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI. Retrieved 8 4, 2016, from Waroeng Ilmu: http://makalahoke.blogspot.co.id/2013/06/kelompok-kerja-dan-komunikasi-dalam_14.html
    Nitisastro, W. (2015, 7 1). MENCIPTAKAN TIM KERJA YANG EFEKTIF. Retrieved 8 4, 2016, from KEIKOHUBBANSJAH: https://keikohubbansjah.wordpress.com/menciptakan-tim-kerja-yang-efektif/
    Sakarinto, W. (2014, 1 1). 10 Karakter Teamwork Inilah Yang Akan Mengantarmu Menjadi Bos Sukses. Retrieved 8 4, 2016, from isigood.com: http://www.isigood.com/karir-wirausaha/10-karakter-teamwork-inilah-yang-akan-mengantarmu-menjadi-bos-sukses/
    Utari Sumarmo, F. U. (2015). FPMIPA UPI . semarang: tugas akademic.

    Biodata:
    Nama    : Heny kurniawati
    Sekolah: SMK Islam 1 Blitar
    Hobby   : travelling and Shopping
    Motto: Be yourself , be assured you it was great , the spirit !!!
    
    
    Tertarik dengan tulisan saya KLIK DISINI




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel