• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 12 Oktober 2016

    TROUBLESHOOTING FISIK WAN



     Pemecahan Masalah lapisan fisik jaringan WAN




        A. Troubleshooting fiber optik
    Bila terjadi beberapa masalah, maka cek beberapa keterangan kofigurasi di bawah ini diantaranya adalah :
    Failure of ONU to range
    – Fiber yang kotor
    – Sinyal degradasi
    • Kabel fiber terlalu panjang
    • Kabel fiber rusak
    Bad connections/fiber plant components
    Laser/ receiver tidak berfungsi
    – ONU ID# conflict
    • Loss permanent pada frame/pattern di TDM
    – Konfigurasi kabel yang salah
    – Ports/Channels/Board tidak aktiv
    • Tidak bisa telnet ke SCC management port (pada OLT)
    – Konfigurasi yang salah pada SCC IP parameternya.
    No IP traffic
    – VLAN membership yang salah
    – Ports tidak di enabled (kge, 2013)

        B. Ethernet Isu Wiring 42
    Ethernet (bahasa Inggris: Ethernet) adalah keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN). Ethernet mulai merambah pasaran pada tahun 1980 dan dibakukan pada tahun 1985 sebagai IEEE 802.3. Ethernet telah berhasil menggantikan kabel teknologi LAN yang ikut bersaing lainnya.
    Baku Ethernet terdiri dari beberapa kabel dan sinyal yang beragam dari lapisan wujud OSI yang digunakan dengan Ethernet. Ethernet 10BASE5 asli menggunakan kabel sesumbu sebagai sarana berkongsi (shared medium) (Wikipedia, 2016)
    Keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN) yang biasanya menghubungkan banyak perangkat yang relatif dekat satu sama lain. Contohnya : Sistem jaringan pada gedung yang sama. Sejarah ethernet ini bermula dari sebuah pengembangan WAN di Universitas Of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan nama "ALOHA" . dan pada tahun 1975, Xerox Coporation mendesign Ethernet yang bisa menghubungkan 100 komputer dengan kecepatan 2,94 megabit/sekon melalui kabel yang cukup panjang, yaitu 1 km. (MARUVI, 2016)

         C.   Fast Ethernet Kabel

    -   Semakin berkembang aplikasi lewat LAN seperti CAD, image processing, audio dan vidio di mana dibutuhkan transportasi data yang menuntut kapasitas yang lebih besar dalam LAN maka ada implementasi LAN lagi yang disebut Fast Ethernet atau disimbolkan dengan 100BASET. Fast Ethernet mampu mentransfer data hingga 100 Mbps.
    -   Topologi Fast Ethernet tidak jauh beda dengan 10BASE-T.versi-versi terbaru Fast Ethernet inipun sudah banyak macam ragamnya. Misal: 100Base-t4 (Menggunakan UTP 4 pair seperti 10 Baset), 100BASE-XF (Menggunakan dua kabel serat optik pada masing-masing jalur pengirim dan penerima). (Wijaya, 2013)

         D. Token Ring Wiring

    -   Token ring adalah permulaan standart LAN yang pernah dikembangkan oleh IBM.
    -   Token ring berbasis nstandart IEEE 802.5 dan beroperasi pada 4 atau 16 Mbps.Dengan Token-ring, device network secara fisik terhubung dalm konfigurasi ring di mana data dilewatkan dari device ke device secara berurutan.
    -   Protocol ini mencegah terjadinya tabrakan data (collision) dan memiliki kinerja yang lebih baik pada penggunaan high-level bandwidth. (wordpress, 2015)

    DAFTAR PUSTAKA


    kge. (2013, 1 1). Gangguan dan Troubleshooting Fiber Optic. Retrieved 12 10, 2016, from KGE Blog’s: https://kge1992.wordpress.com/gangguan-dan-troubleshooting-fiber-optic/
    MARUVI. (2016, 1 2). Troubleshooting Lapisan Fisik Jaringan WAN . Retrieved 10 12, 2016, from MARUVI: http://wakidong.blogspot.co.id/2016/09/troubleshooting-lapisan-fisik-jaringan.html
    Wijaya, A. H. (2013, 10 2). Pengertian Kabel Jaringan Fiber Optik Beserta Kelebihan & Kekurangannya. Retrieved 10 12, 2016, from teknodaily: http://teknodaily.com/pengertian-kabel-jaringan-fiber-optik-beserta-kelebihan-kekurangannya/#comments
    Wikipedia. (2016, 26 4). Ethernet. Retrieved 12 10, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Ethernet
    wordpress. (2015, 2 3). pengertian token ring. Retrieved 10 12, 2016, from wordpress: https://www.google.com/search?q=Ethernet+Isu+Wiring+42&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab#q=token+ring


    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ 
    Motto : Bersyukurlah atas semua nikmat tuhan yang telah diberikan sampai saat ini.  
    klik disini

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel