Prinsip Pembuatan Buku Teks Pelajaran
Sebelum mulai menulis buku teks pelajaran, mari kita kenali terlebih
dahulu 3 prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembuatan buku teks pelajaran,
di antaranya: (1) prinsip relevansi; (2) prinsip konsistensi; dan (3) prinsip
kecukupan (Agus Wuryanto, 2010). (Ribut Purwo Juono, 2013)
1. Prinsip relevansi, materi
yang ditulis di dalam buku teks pelajaran harus relevan dengan tujuan
instruksional umum (TIU) yang ingin dicapai.
2. Prinsip konsistensi, jumlah
pokok bahasan yang ditulis di dalam buku teks pelajaran harus sama dengan
jumlah tujuan instruksional khusus (TIK).
3. Prinsip kecukupan, materi
yang disajikan di dalam buku teks pelajaran harus cukup untuk mencapai tujuan
instruksional. Tidak lebih sedikit, atau lebih banyak. Jika lebih sedikit,
dikhawatirkan tujuan instruksional tidak tercapai. Jika lebih banyak, akan
tidak efisien karena dirasa membuang-buang waktu dan tenaga. (Kedavra,
2014)
A. Prinsip relevansi; secara internal bahwa kurikulum memiliki
relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi,
organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen
tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi
(relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi
psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi
sosilogis). (SUDRAJAT, 2008)
B. Prinsip konsistensi artinya keajegan, jika kompetensi dasar yang
harus dikuasai empat macam maka bahasan yang ada pada buku juga harus meliputi
empat macam. (zaoldyec, 2013)
C. Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya
mencukupi dalam membantu peserta diklat mengusai kompetensi yang akan
diajarkan, materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak,
jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai kompetensi standar
sebaliknya jika terlalu banyak akan membuang buang waktu dan tenaga yang tidak
perlu untuk mempelajarinya. (aguswuryanto, 2010)
DAFTAR PUSTAKA
aguswuryanto. (2010, 9 2). Pembuatan Buku Teks Pelajaran.
Retrieved 8 11, 2016, from Belajar jadi Guru:
https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pembuatan-buku-teks-pelajaran/
Kedavra, S. (2014, 9 1). TATA
CARA PENULISAN BUKU TEKS PELAJARAN. Retrieved 8 11, 2016, from Pensieve:
http://sevannisa.blogspot.co.id/2014/09/tata-cara-penulisan-buku-teks-pelajaran.html
Ribut Purwo Juono, S. (2013, 6 1). PENYUSUNAN
BAHAN PEMBELAJARAN. Retrieved 8 11, 2016, from Ribut Purwo Juono,
S.Ag.,M.Pd.I: http://juonorp.blogspot.co.id/2013/06/penyusunan-bahan-pembelajaran.html
SUDRAJAT, A. (2008, 1 31). Prinsip
Pengembangan Kurikulum. Blog Pendidikan , pp. 1-2.
zaoldyec. (2013, 7 2). TEKNOLOGI
PENDIDIKAN. Retrieved 8 11, 2016, from WELKOM: http://na2zaoldyeck.blogspot.co.id/2012/10/cara-penulisan-buku-teks-pelajaran_2.html
BIODATA
Nama
: Heny kurniawati
Sekolah: SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby :
travelling and Shopping
Motto : Gunakan sisa waktumu,
sebaik mungkin !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar