• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 10 Agustus 2016

    Prinsip Pembuatan Buku panduan




    *    Prinsip Pembuatan Buku Teks Pelajaran

    Sebelum mulai menulis buku teks pelajaran, mari kita kenali terlebih dahulu 3 prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembuatan buku teks pelajaran, di antaranya: (1) prinsip relevansi; (2) prinsip konsistensi; dan (3) prinsip kecukupan (Agus Wuryanto, 2010). (Ribut Purwo Juono, 2013)
    1.     Prinsip relevansi, materi yang ditulis di dalam buku teks pelajaran harus relevan dengan tujuan instruksional umum (TIU) yang ingin dicapai.
    2.     Prinsip konsistensi, jumlah pokok bahasan yang ditulis di dalam buku teks pelajaran harus sama dengan jumlah tujuan instruksional khusus (TIK).
    3.     Prinsip kecukupan, materi yang disajikan di dalam buku teks pelajaran harus cukup untuk mencapai tujuan instruksional. Tidak lebih sedikit, atau lebih banyak. Jika lebih sedikit, dikhawatirkan tujuan instruksional tidak tercapai. Jika lebih banyak, akan tidak efisien karena dirasa membuang-buang waktu dan tenaga. (Kedavra, 2014)

    A. Prinsip relevansi; secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis). (SUDRAJAT, 2008)

    B. Prinsip konsistensi artinya keajegan, jika kompetensi dasar yang harus dikuasai empat macam maka bahasan yang ada pada buku juga harus meliputi empat macam. (zaoldyec, 2013)

    C. Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya mencukupi dalam membantu peserta diklat mengusai kompetensi yang akan diajarkan, materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak, jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai kompetensi standar sebaliknya jika terlalu banyak akan membuang buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya. (aguswuryanto, 2010)




    DAFTAR PUSTAKA


    aguswuryanto. (2010, 9 2). Pembuatan Buku Teks Pelajaran. Retrieved 8 11, 2016, from Belajar jadi Guru: https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pembuatan-buku-teks-pelajaran/
    Kedavra, S. (2014, 9 1). TATA CARA PENULISAN BUKU TEKS PELAJARAN. Retrieved 8 11, 2016, from Pensieve: http://sevannisa.blogspot.co.id/2014/09/tata-cara-penulisan-buku-teks-pelajaran.html
    Ribut Purwo Juono, S. (2013, 6 1). PENYUSUNAN BAHAN PEMBELAJARAN. Retrieved 8 11, 2016, from Ribut Purwo Juono, S.Ag.,M.Pd.I: http://juonorp.blogspot.co.id/2013/06/penyusunan-bahan-pembelajaran.html
    SUDRAJAT, A. (2008, 1 31). Prinsip Pengembangan Kurikulum. Blog Pendidikan , pp. 1-2.
    zaoldyec. (2013, 7 2). TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Retrieved 8 11, 2016, from WELKOM: http://na2zaoldyeck.blogspot.co.id/2012/10/cara-penulisan-buku-teks-pelajaran_2.html




    BIODATA
    Nama    : Heny kurniawati
    Sekolah: SMK ISLAM 1 BLITAR
    Hobby   : travelling and Shopping
    Motto : Gunakan sisa waktumu,
     sebaik mungkin !!!


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel