• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 10 Agustus 2016

    Prinsip Penjaminan Mutu




             A.     Sistem manajemen mutu kerja proyek 

    Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) adalah bagian sistem manajemen organisasi yang memfokuskan perhatian (mengarahkan dan mengendalikan) pada pencapaian hasil berkaitan dengan sasaran mutu dalam rangka memenuhi persyaratan pelanggan/penerima manfaat. Selama pelaksanaan Sistem Mananajeman Mutu, prosedur-prosedur yang akan dikembangkan, antara lain; Panduan Mutu, Rencana Mutu, Prosedur Pengendalian Dokumen, Pengendalian Bukti Kerja, Audit Mutu Internal, Produk Tidak Sesuai (PTS), Tindakan Koreksi (TK), Tindakan Pencegahan (TP), Pemantauan dan Pengukuran Proses dan Produk, Pengadaan Barang dan Jasa, Pemeliharaan Sarana dan Prasarana dan Tinjauan (Review) Design. (pengadaan, 2013)


             B.     Tanggung jawab tim kerja proyek

    Tugas dan tanggung jawab anggota tim
    Secara umum tugas dan tanggung jawab anggota tim adalah sebagai berikut.
    • Mewujudkan tujuan dan misi tim
    • Memelihara kebersamaan dalam tim
    • Mematuhi dan melaksanakan ketentuan atau norma yang berlaku dalam tim
    • Merealisasikan tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya
    • Menjaga nama baik dan kerahasiaan tim
    • Menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan pekerjaan tim
    • Mmemberikan kontribusi yang nyata dalam memajukan kerja sama tim
    • Ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tim serta menerima dan melaksanakan keputusan tim dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab. (sapoandi, 2013)

    Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik,[1] dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah. Proyek selalu bersifat sementara atau temporer dan sangat kontras dengan bisnis pada umumnya (Operasi-Produksi)[2], dimana Operasi-Produksi mempunyai sifat perulangan (repetitif), dan aktifitasnya biasanya bersifat permanen atau mungkin semi permanen untuk menghasilkan produk atau layanan (jasa/servis). (WIKIPEDIA, 2013)


             C.     Realisasi produk

    Realisasi produk adalah istilah yang digunakan untuk menjabarkan pekerjaan yang dilakukan oleh organisasi lewat perancangan, pembuatan dan pengiriman produk akhir atau jasa. (WORDPRESS, 2013)


             D.    Analisis, pengukuran dan perbaikan

    Analisis adalah Organisasi harus menentukan, mengumpulkan dan menganalisis data yang sesuai untuk memperagakan kelayakan dan keefektifan sistem manajemen mutu dan mengevaluasi jika perbaikan berkelanjutan terhadap efektifitas dari sistem manajemen mutu dapat dilakukan. Kegiatan ini harus meliputi data yang dihasilkan dari hasil pemantauan dan pengukuran serta dari sumber lainnya yang relevan.
    Ukuran adalah pengukuran produk merupakan proses yang harus dijalankan sebelum pelepasan produk atau penyerahan produk ke pelanggan dilakukan. Proses ini biasanya dilakukan oleh bagian pengendali mutu produk akhir (outgoing quality control)
    Perbaikan adalah Organisasi harus memperbaiki secara berkelanjutan efektivitas dari sistem manajemen mutu melalui penggunaan kebijakan mutu, sasaran mutu, hasil-hasil audit, analisis data, tindakan perbaikan dan pencegahan dan tinjauan manajemen. (leadau, 2014)



    DAFTAR PUSTAKA


    leadau. (2014, 1 1). PENGUKURAN, ANALISIS DAN PERBAIKAN. Retrieved 8 11, 2016, from leadau: http://leadauditorclub.blogspot.co.id/2007/06/pasal-8-pengukuran-analisis-dan.html
    pengadaan. (2013, 3 3). Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) Pekerjaan Konstruksi. Retrieved 8 11, 2016, from Pengadaan (Eprocurement): http://www.pengadaan.web.id/2014/09/sistem-manajemen-mutu-quality.html
    sapoandi. (2013, 7 1). Tujuan, Tugas Dan Tanggung Jawab Dalam Tim. Retrieved 8 11, 2016, from TERBARU UPDATE 2016: http://www.terbaru7.com/2013/07/tujuan-tugas-dan-tanggung-jawab-dalam.html
    WIKIPEDIA. (2013, 8 1). Manajemen proyek. Retrieved 8 11, 2016, from WIKIPEDIA: https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek
    WORDPRESS. (2013, 8 1). RELASIPRODUK. Retrieved 8 11, 2016, from WORDPRESS: https://www.google.co.id/search?q=Sistem+manajemen+mutu+kerja+proyek&biw=1366&bih=623&source=lnms&sa=X&ved=0ahUKEwjGjNyx0bjOAhXDNo8KHV9lBHUQ_AUIBSgA&dpr=1#q=realis







    BIODATA
    Nama    : Heny kurniawati
    Sekolah: SMK ISLAM 1 BLITAR
    Hobby   : travelling and Shopping
    Motto : NEVER GIVE UP !!!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel