• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 02 November 2016

    STUDI KASUS


    A.   Studi kasus: tips menggunakan traceroute
    Traceroute  / tracert ( pada windows )  berguna untuk  menganalisa jaringan internet  yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.

    Cara Melakukan Traceroute :
    Klik Start –> Run
    Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
    Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda
    Contoh hasil tracert pada situs qwords.com
    Cara Melakukan traceroute
    Hal diatas menunjukkan bahwa koneksi yang di gunakan cukup stabil karena anda bisa melihat Hops (loncatan) atau perpindahan data yang terjadi tidak terlalu jauh, Hops ini terlihat pada urutan angka 1,2,3 dan seterusnya. Untuk waktu dalam satuan ms (millisecond) sama seperti halnya Hops, semakin kecil waktu perpindahan data ,maka akan semakin baik /cepat  anda mengakses situs yang anda traceroute  tadi. (Qwordsdotcom, 2010)

    B.    Studi kasus: tips menggunakan PING dan ICMP
    Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. ping reply tersebut, icmp bertype 0, code 0 dengan algoritma checksum 0x52be, banyak identifier (identifikasi) 256 bytes dan Sequence number 40194 bytes serta waktu responnya 460.944 ms dari proses request ke hasil reply. Dan pada frame request tersebut menunjukkan saat proses reply ping, paket dari 74.125.130.104 milik google.com akan mengirim informasi balasan kembali ke IP address komputer kita (172.161.90) dengan isi {echo (ping) reply. (as-sanusi, 2015)

    C.    IPX 161 IPX disebarkan broadcast paket
    IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh Sistem Operasi Novell Network (1980 sampai dengan 1990).
    IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol komunikasi tanpa koneksi, seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan TCP/IP.
    IPX (Internetwork Packet Exchange) digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari suatu titik didalam jaringan ketitik yang lainnya melalui sebuah inter network. IPX (Internetwork Packet Exchange) beroperasi dilapisan jaringan (lapisan ketiga OSI layer), dan dapat digunakan didalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan Protokol Data Link lainnya. (Basyori, 2014)

    D.   Studi kasus: IPX MTU Mismatch 172
    MTU atau Maximum Transmission Unit, merupakan parameter sangat penting, yang menentukan kecepatan dan kelancaran koneksi internet. (Mahardhika, 2011)
    Parameter yang satu ini merupakan parameter utama dalam sistem koneksi internet, sehingga benar benar harus di-set seoptimal mungkinagar kualitas koneksi internet kita bisa maksimal.
    MTU : Maximum Transmission Unit, adalah ukuran maksimal paket data (frame/bingkai data) yang bisa ditransmisikan oleh suatu protokol jaringan (8-bit) seperti halnya internet. OS (Windows) memasukkan nilai MTU default yang umumnya sesuai untuk rata rata user.
    Akan bagus jika ISP (Internet Service Provider) bisa menyarankan suatu nilai yang sesuai dengan perangkat ISP, untuk pelanggannya. Hal ini akan meningkatkan kualitas (kecepatan) koneksi via ISP tsb. Sayang hal ini jarang sekali dilakukan oleh ISP.

    Dari pengalaman, kebanyakan ISP moderen saat ini menggunakan nilai MTU = 1500. Akan tetapi jika kita berada pada jaringan dengan router dengan MTU = 576 misalnya, maka sebaiknya setting nilai MTU pada komputer kita disesuaikan dengan MTU router tsb. Karena nilai 1500 hanya patokan umum, maka masih perlu untuk dioptimalkan kembali. (saputri, 2015)

    DAFTAR PUSTAKA


    as-sanusi, G. (2015, 7 1). MONITORING PROTOKOL ICMP MENGGUNAKAN WIRESHARK. Retrieved 11 2, 2016, from Dede Gunawan Blog: http://blog.dede-gunawan.web.id/2015/07/monitoring-protokol-icmp-menggunakan.html
    Basyori. (2014). NETWORK TROUBLESHOOTING. TROUBLE MAKER , http://rusuhjaya.blogspot.co.id/.
    Mahardhika, E. (2011, 1 2). Jenis-Jenis Port pada layer OSI. Retrieved 11 2, 2016, from jaringan komputer: http://a11-4503-2010-05653.blogspot.co.id/
    Qwordsdotcom. (2010, 4 1). Cara Melakukan traceroute. Retrieved 11 2, 2016, from Qwordsdotcom: https://kb.qwords.com/2010/04/cara-melakukan-traceroute/
    saputri, N. (2015). STUDI KASUS. TROUBLESHOOTING PADA MODEM , 2.


    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel