• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 02 November 2016

    Pemecahan Masalah lapisan data link jaringan WAN


    A.   Ethernet mekanisme akses
    Metode akses CSMA/CD adalah bagus dalam kesederhanaannya. Beberapa jaringan seperti token ring, membutuhkan mekanisme yang terperinci untuk menjaga prosedur akses jaringan. Ethernet membutuhkan sedikit mekanisme seperti itu dan konsekuensinya mencurahkan bagian yang besar dari bandwidth jaringan bagi pengiriman data yang berguna. (gusden, 2007)
    B.    Full-duplex ethernet
    Full-duplex adalah istilah komunikasi data yang mengacu pada kemampuan untuk mengirim dan menerima data pada saat yang sama.
    Legacy Ethernet adalah setengah-duplex, yang berarti informasi dapat bergerak hanya satu arah pada satu waktu. Dalam sebuah jaringan benar-benar diaktifkan, node hanya berkomunikasi dengan saklar dan tidak pernah secara langsung satu sama lain. jaringan beralih juga mempekerjakan baik twisted pair atau kabel serat optik, yang keduanya menggunakan konduktor yang terpisah untuk mengirim dan menerima data.

    C.    Format bingkai ethernet
    frame Ethernet harus membawa payload paling tidak 46 bita. Ukuran minimum frame Ethernet tersebut adalah hasil dari pengaplikasian skema media access yang digunakan oleh Ethernet, yakni CSMA/CD (carier sense multiple access with collision detection), sehingga mengakibatkan ukuran minimalnya yang harus 46 bita. (puszy, 2013)

    D.   Pemanfaatan jaringan perhitungan dan efisiensi bandwidth pada Ethernet
    Data Rate dan Bandwith
    Sehingga Data Rate dapat diartikan sebagai besarnya kapasistas transfer data dalam komunikasi data digital, biasanya dinyatakan dalam bps atau bit per second.
    ·         Bandwidth
    Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. (yowanda, 2015)
    Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate dari pada bits per second.
    Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai. (rizal, 2016)

    E.    Proses token passing
    Metode pengiriman data dengan cara mengelilingi sebuah Ring dikenal dengan istilah Token Passing. Token dilewatkan dari satu komputer ke komputer lain sampai sebuah komputer mengambil data tersebut. Komputer pengirim memodifikasi tooken, meletakkan sebuah alamat tujuan pada data dan mengirimkan ke komputer tujuan melewati jaringan ring.

    Komputer penerima akan mengembalikan sebuah pesan ke komputer pengirim yang mengindikasikan bahwa data telah diterima. Setelah melakukan proses verifikasi, komputer pengirim membuat sebuah token baru atau melepaskan token dan melewatkan token ke komputer berikutnya. (wikipedia, 2015)

    DAFTAR PUSTAKA


    gusden. (2007, 9 1). ethernet. Retrieved 10 12, 2016, from comnett: http://gusden.blogspot.co.id/2007/09/ethernet.html
    puszy. (2013, 2 1). Jenis - Jenis Ethernet (Tgs Admin & Security Jaringan). Retrieved 10 19, 2016, from Dunia Quh: http://duniaquh-duniamuh.blogspot.co.id/2010/04/jenis-jenis-ethernet-tgs-admin-security.html
    rizal. (2016). www.academia.edu/24236804/Makalah_Data_Link_Layer. bandung: academia.edu.
    wikipedia. (2015, 1 1). Gelang kepingan. Retrieved 11 2, 2016, from Gelang kepingan: https://id.wikipedia.org/wiki/Gelang_kepingan
    yowanda, R. (2015, 1 1). Pemecahan Masalah lapisan data link jaringan WAN. Retrieved 11 2, 2016, from Troubleshooting Jaringan: http://yowandarizky.blogspot.co.id/2016/10/pemecahan-masalah-lapisan-data-link.html

    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel