• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 02 November 2016

    Troubleshooting lapisan transportasi jaringan WAN



    Netware adalah sistem operasi (operating system) jaringan yang dikembangkan oleh Novell, dan protokol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan client dalam network. Perusahaan Novell memilih untuk mendasarkan paket jaringam mereka pada paket XNS. (wordpress, 2010)

    A.  NetWare sequencing paket Exchange (SPX) dan SPX II protokols
    IPX/SPX adalah singkatan dari Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange. IPX dan SPX adalah protokol jaringan yang digunakan terutama pada jaringan menggunakan Novell NetWare Sistem Operasi IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Services 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah lapisan jaringan protokol (lapisan 3 dari OSI Model) sedangkan SPX adalah lapisan transport protokol (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. (komputerku, 2015)
    IPX/SPX itu terutama dirancang untuk jaringan area lokal(LAN), dan merupakan protokol yang sangat efisien untuk tujuan ini (biasanya melebihi performa dari TCP/IP pada sebuah LAN). TCP/IP bagaimanapun menjadi standar de facto protokol. Hal ini sebagian karena kinerja superior melalui wide area network dan Internet (yang menggunakan TCP / IP secara eksklusif) dan juga karena TCP / IP adalah protokol yang lebih dewasa, yang dirancang secara khusus dengan tujuan ini dalam pikiran. Walaupun protokol asosiasi dengan NetWare, mereka tidak diperlukan untuk komunikasi NetWare (per NetWare 5.x) ataupun hanya digunakan pada jaringan NetWare. NetWare komunikasi membutuhkan NCP pelaksanaan yang dapat menggunakan IPX/SPX, TCP/IP, atau keduanya sebagai transportasi. (AMRI, 2009)

    B.  Studi kasus SPX II
    SPX adalah lapisan protokol transport (lapisan 4 dari OSI Model). Lapisan SPX terletak di atas lapisan IPX dan menyediakan koneksi berorientasi layanan antara dua node pada jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi. IPX/SPX mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. (Wikipedia, 2013)

    C.  Studi kasus SPX timer
    SPX timer digunakan terutama oleh klien/server aplikasi untuk membatasi waktu yang telah ditetapkan atau disediakan oleh server. IPX dan SPX keduanya menyediakan layanan koneksi yang serupa dengan TCP/IP protokol IPX memiliki kemiripan dengan IP dan protocol SPX memiliki kemiripan dengan TCP. (ELINDA, 2013)

    DAFTAR PUSTAKA


    AMRI, R. (2009). Sejarah Protokol IPX/SPX. belajar ngeblog.s , 10.
    ELINDA, M. (2013, 1 2). Company Standard Protokol (2). Retrieved 11 3, 2016, from LyndzZ's Blog : http://nunalinda.blogspot.co.id/2013/06/company-standard-protokol-2.html
    komputerku. (2015, 1 1). Tipe-tipe Protokol . Retrieved 11 2, 2016, from Ilmu jaringan dan Komputer: http://tugas-komputerku.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-protocol.html
    Wikipedia. (2013, 2 1). IPX/SPX. Retrieved 1 2, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/IPX/SPX
    wordpress. (2010, 2 1). Pengertian Netware - Belajar TI. Retrieved 11 3, 2016, from wordpress: https://www.google.co.id/search?q=studi+kasus+SPX+II&oq=studi+kasus+SPX+II&aqs=chrome..69i57j69i59.948j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#q=NetWare++adalah

    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel