• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Kamis, 28 Juli 2016

    Analisis Rancangan Kerja Proyek



    Cara Menyusun Rencana yang Efektif untuk Sebuah Proyek

    Penyusunan sebuah skema yang efektif untuk sebuah proyek mungkin terlihat sebagai sebuah pekerjaan yang berat. Pada prakteknya, penyusunan skema proyek ini sebenarnya adalah sebuah prosedur yang sangat penting.  Penyusunan skema proyek dilakukan atas dasar pertimbangan yang logis mengenai apa saja yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan, sesuai jadwal dan menggunakan biaya yang lebih rendah daripada anggarannya.
    [[Kategori:Keuangan dan Bisnis]]

    == Langkah ==
    1.      Rencanakan sebuah pekerjaan dengan pertimbangan yang logis.
     Penyusunan sebuah skema yang efektif untuk sebuah proyek mungkin terlihat sebagai sebuah pekerjaan yang berat. Pada prakteknya, penyusunan skema proyek ini sebenarnya adalah sebuah prosedur yang sangat penting.  Penyusunan skema proyek dilakukan atas dasar pertimbangan yang logis mengenai apa saja yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan, sesuai jadwal dan menggunakan biaya yang lebih rendah daripada anggarannya.

    2.       Siapkan sebuah daftar untuk pemeriksaan hasil kerja.
    Meskipun masing-masing direktur mungkin mempunyai pendekatan dan cara pemantauan proyek yang berbeda-beda, beberapa jenis industri, perusahaan, dan bisnis biasanya menggunakan daftar pemeriksaan sebagai landasan awal untuk menyusun rencana kerja bagi proyek mereka.
    a.       Para manajer yang terlibat secara aktif dalam manajemen proyek harus lebih sering menggunakan daftar pemeriksaan untuk perencanaan proyek; termasuk memasukkan apa saja yang menjadi tujuan dan tanggung jawab mereka.
    b.      Pendekatan yang digunakan dalam menangani sebuah proyek mungkin saja bervariasi, tetapi dasar untuk mempersiapkan sebuah daftar pemeriksaan pada umumnya sama tanpa tergantung pada bidang industri, ukuran proyek, atau tujuannya.
    3.       Susunlah rencana secara rinci.
    Penyusunan rencana proyek yang baik dapat dilakukan dengan menentukan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan dan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.
    ·         Tujuan dan sasaran harus dinyatakan dengan jelas dan singkat, untuk mengarahkan pengembangan proyek dan menetapkan cara pengukuran yang akan digunakan dalam mengevaluasi pertumbuhan dan hasil-hasil yang telah dicapai.
    ·         Pelajari secara khusus jika ada sudah pernah ada proyek yang sama, dan lakukan penelitian tentang kesalahan-kesalahan atau masalah apa saja yang harus diwaspadai agar tidak terjadi lagi kesulitan yang sama pada saat menyelesaikan proyek yang sedang berjalan.
    ·         Anggaran proyek yang sudah ditentukan tetap harus bisa disesuaikan agar proyek yang direncanakan bisa berhasil dengan biaya yang lebih rendah daripada anggarannya. Hitunglah berapa jumlah dana yang sudah tersedia dan besarnya kebutuhan dana untuk proyek ini.
    ·         Anggota kelompok harus memahami fungsi dan kewajiban mereka, dan harus mampu untuk memenuhi secara efektif apa yang dibutuhkan oleh proyek ini. Mereka harus memahami bahwa  keberhasilan proyek sangat tergantung pada mereka.

    4.       Lakukanlah analisis risiko.
    Rancangan sebuah proyek yang efisien membutuhkan sebuah analisis atas risiko yang mungkin timbul. Setiap faktor risiko harus diperhitungkan/dianalisis. Ketahuilah apa bahaya yang mungkin harus dihadapi, kerugian-kerugian yang mungkin terjadi dari proyek ini dan bagaimana cara mencegahnya.

    5.       Lakukanlah penyesuaian selama proyek berjalan.
    Setelah rencana proyek disusun, lakukan peninjuauan dan penyesuaian yang dibutuhkan sampai rencana ini dipastikan bisa terlaksana dan mencapai hasil yang diinginkan.

    •   Direktur pelaksana proyek harus melakukan pemeriksaan secara berkala dengan membandingkan antara tujuan dan sasaran dari kelompok yang menjalankan proyek terhadap Sasaran-Sasaran Utama yang ingin dicapai.


    6      Siapkan sebuah jadwal kerja dalam format yang jelas yang mampu memberikan target waktu dari seluruh pekerjaan.  Penentuan target waktu untuk pencapaian hasil ini akan dipengaruhi oleh kualitas dan kompleksitas dari proyek.

    7.       Buatlah kesepakatan terlebih dahulu. Rincian atau struktur dari rencana proyek (begitu juga dengan rencana dari setiap orang yang mempunyai kepentingan yang sama) harus disetujui oleh direktur, bagian pembelian dan pimpinan dari pengelola proyek.

    8.      Lakukan pemeriksaan ulang atas finalisasi rencana proyek.  Langkah terakhir ini hanyalah penutup dari penyusunan rencana proyek yang efektif.  Dan merupakan langkah awal dari pelaksanaan proyek.

    == Tips ==

    •  
    • Adanya sebuah rencana proyek mengarahkan para pelaksana proyek dan tim proyek agar siap untuk melaksanakan rencana yang sudah disusun. Langkah-langkah untuk pelaksanaan proyek harus sudah ditentukan, peralatan dan dana yang dibutuhkan sudah disiapkan, hal-hal yang membahayakan sudah diketahui, dan jadwal kerja sudah ditetapkan.
    • Pengetahuan tentang proyek harus berkesinambungan. Sebaiknya, tim pelaksana proyek tidak melakukan proyek transisi, tetapi jika hal ini terjadi, harus ada sistem yang dibuat dari awal untuk menjamin kesinambungan pengetahuan tentang proyek ini kepada penanggung jawab proyek yang berikutnya.
    • Kunci dari keberhasilan dalam sebuah proyek adalah persiapan. Membuat rencana kerja proyek adalah hal yang pertama yang harus dilakukan pada saat mempersiapkan sebuah proyek. Persiapan proyek sering terabaikan karena ingin segera menjalankan proyeknya. Hal ini terjadi karena kebanyakan orang tidak memahami pentingnya membuat rencana untuk sebuah proyek yang bisa  menghemat waktu, uang dan mencegah terjadinya masalah.


    == Peringatan ==
    *Sebuah proyek mungkin tidak bisa berhasil dengan baik tanpa adanya rencana terlebih dahulu.

    == Sumber ==
    situs web John Ratch http://www.projectmanager.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel