• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 24 Agustus 2016

    Pemecahan Masalah lapisan sesi jaringan LAN



    Pengertian Session Layer
    Lapisan sesi atau Session layer adalah lapisan kelima dari bawah dalam model referensi jaringan OSI, yang mengizinkan sesi koneksi antara node dalam sebuah jaringan dibuat atau dihancurkan.

         A.  Domain name system (DNS)
    sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. Merupakan sistem database yang terdistribusi yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS mempunyai kelebihan ukuran database yang tidak terbatas dan juga mempunyai performa yang baik. (Wikipedia, 2013)
    Fungsi Utama Sistem DNS
    1.     Menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.
    2.    Memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet. DNS memiliki keunggulan seperti:
    ·         Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
    ·         Konsisten, IP address sebuah komputer boleh berubah tapi host name tidak berubah. Contoh:
    – unsri.ac.id mempunyai IP 222.124.194.11, kemudian terjadi perubahan menjadi 222.124.194.25, maka disisi client seolah-olah tidak pernah ada kejadian bahwa telah terjadi perubahan IP. (habibahmadpurba, 2014)

          B.  NetBIOS
    NetBIOS over TCP/IP (sering disingkat menjadi NBT atau NetBT) adalah sebuah protokol jaringan yang mengizinkan aplikasi jaringan komputer yang lama yang menggunakan Application Programming Interface (API) NetBIOS agar dapat digunakan di dalam jaringan modern berbasis protokol TCP/IP. (Wordpress, 2012)

          C.  Network component gateway
    gateway jaringan adalah sistem internetworking mampu bergabung bersama dua jaringan yang menggunakan protokol dasar yang berbeda. (Bradley, 2015)

          D.  Protokol – protokol session layer
    • ISO-SP: OSI Session Layer Protocol
    • PPTP, Point-to-Point Tunneling Protocol
    • RPC, Remote Procedure Call Protocol
    • RTCP, Real-time Transport Control Protocol
    (hero.lecturer, 2013)

          E.  Named Pipes
    Sebuah pipa bernama adalah nama, satu arah atau pipa duplex untuk komunikasi antara server pipa dan satu atau klien pipa lebih. Semua contoh dari pipa bernama berbagi nama pipa yang sama, tetapi masing-masing instance memiliki buffer dan menangani sendiri, dan menyediakan saluran yang terpisah untuk komunikasi client / server. Penggunaan contoh memungkinkan beberapa klien pipa menggunakan pipa bernama sama secara bersamaan. semua pipa bernama dapat diakses dari jarak jauh. Jika Anda berniat untuk menggunakan pipa bernama lokal saja, menolak akses ke NT AUTHORITY \ NETWORK atau beralih ke RPC lokal. (Skychang, 2014)

         F.  Remote procedure call (RPC)
    Prosedur panggilan remote (RPC) adalah ketika sebuah program komputer menyebabkan prosedur (subroutine) untuk mengeksekusi dalam ruang alamat yang lain (umumnya pada komputer lain pada jaringan bersama), yang dikodekan sebagai olah itu adalah normal (lokal) panggilan prosedur, tanpa programmer secara eksplisit coding rincian untuk interaksi jarak jauh. RPC adalah bentuk antar-proses komunikasi (IPC), dalam proses yang berbeda memiliki ruang alamat yang berbeda. (FEBRIANTO, 2014)


    DAFTAR PUSTAKA


    Bradley. (2015, 7 1). Definisi. Retrieved 8 24, 2016, from pintu gerbang: https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://compnetworking.about.com/od/networkdesign/g/network-gateway.htm&prev=search
    FEBRIANTO, D. (2014, 3 3). Pengertian Session Layer. Retrieved 8 24, 2016, from Selamat Datang Selamat Membaca: http://dwifebriantoadmojo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-session-layer-lapisan.html
    habibahmadpurba. (2014, 2 1). Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server. Retrieved 8 24, 2016, from habibahmadpurba: https://habibahmadpurba.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-dan-fungsi-domain-name-system-dns-server/
    hero.lecturer. (2013). Layer Session. jakarta: http://hero.lecturer.pens.ac.id/datahero/kuliah/PJJ-Jarkom/pdf/P7.pdf.
    Skychang. (2014, 1 16). Named Pipes. Retrieved 8 24, 2016, from Microsoft: https://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/desktop/aa365590(v=vs.85).aspx
    Wikipedia. (2013, 8 2). dns. Retrieved 8 24, 2016, from Wikipedia: https://www.google.co.id/search?q=Domain+name+system+(DNS&oq=Domain+name+system+(DNS&aqs=chrome..69i57j0l5.430j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
    Wordpress. (2012, 2 1). NetBIOS over TCP/IP . Retrieved 8 24, 2016, from Wordpress: https://www.google.co.id/search?q=Domain+name+system+(DNS&oq=Domain+name+system+(DNS&aqs=chrome..69i57j0l5.430j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#q=NetBIOS


    ABOUT ME
    Name    : Heny kurniawati
    School   : SMK ISLAM 1 BLITAR
    Hobby   : travelling and Shopping
    Motto: BERUSAHA ITU HARUS!!!


    Tertarik dengan tulisan saya KLIK DISINI

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel