• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 11 Januari 2017

    TROUBLESHOOTING LAYANAN NTP SERVER 22



             A.  Review Pengenalan ntp server
    Network Time Protocol atau lebih sering disebut dengan istilah NTP merupakan sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. (Wordpress, 2013)
            B.   Review konfigurasi dan instalasi ntp server
    Konfigurasi NTP
    Langkah - langkahnya sebagai berikut :
    1. Sebelumnya masuk dulu ke super user / root
    2. Masukkan DVD Debian 6 yang ke satu
    3. Lalu update repositori nya dengan mengetikan apt-cdrom add, lalu apt-get update
    4. Lalu install NTP Servernya dengan mengetikan apt-get install ntp ntpdate seperti gambar dibawah ini lalu tekan Y, catatan : jangan lupa masukkan DVD Debian 6 yang ke satu.
    5. Isikan ip address untuk Server NTP kita dengan mengetikan nano /etc/network/interfaces
    6. Lalu simpan dengan menekan Ctrl+X lalu tekan Y lalu tekan Enter
    7. Lalu restart interfacenya dengan mengetikan /etc/init.d/networking restart
    8. Selanjutnya kita konfigurasi NTP nya dengan mengetikan nano /etc/ntp.conf
    10. Selanjutnya tambahkan tanda # di depan tulisan "server", ada empat tulisan "server"
    12. Lalu cari lagi tulisan "#restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust"
    13. Lalu simpan konfigurasi dengan menekan tombol Ctrl+X, lalu tekan Y dan tekan Enter
    14. Lalu restart lagi konfigurasi NTP nya dengan mengetikan /etc/init.d/ntp restart
    15. Lalu cek apakah konfigurasi sudah benar atau tidak dengan mengetikan ntpq -p,
    16. Selanjutnya kita tinggal cek di client Windows XP nya
    17. Kita double-klik jam yang ada di pojok kanan bawah
    18. Selanjutnya kita pindah ke tab Internet Time
    19. Lalu kita isikan ip server NTP kita seperti gambar dibawah lalu kita Update Now
    20. Selesai deh NTP Server kita (caturpurwaning, 2015)

             C.   Prosedur pemecahan masalah ntp server
    Untuk mengatasi masalah ini sehingga klien NTP diaktifkan untuk menyinkronkan dengan NTP server setelah keadaan SPIKE, mengkonfigurasi Windows Time untuk menggunakan MinPollInterval/MaxPollInterval sebagai polling interval. (Admin, 2012)

    Untuk meminta kami mengkonfigurasi Windows Time untuk menggunakan MinPollInterval/MaxPollInterval sebagai polling interval untuk Anda, buka "Berikut adalah cara mudah memperbaikinya"bagian. Jika Anda lebih suka mengkonfigurasi Windows Time untuk menggunakan MinPollInterval/MaxPollInterval sebagai polling interval sendiri, buka "Biarkan saya perbaiki sendiri"bagian. (Budi, 2010)

    Catatan Jika Anda menetapkan layanan Windows Time pengaturan Kebijakan Grup atau Kebijakan Grup lokal, metode "Perbaiki mudah" ini tidak berhasil dan Anda harus menghapus setelan kebijakan.

    Berikut adalah cara mudah memperbaikinya

    Untuk mengkonfigurasi Windows Time untuk menggunakan MinPollInterval/MaxPollInterval sebagai polling interval, klik tombol tekanDownload . Di kotak dialog Unduh berkas , klik Jalankan atau buka, dan kemudian ikuti langkah-langkah di Wisaya Perbaiki mudah.Wizard ini mungkin hanya tersedia dalam bahasa Inggris; Namun, perbaikan otomatis juga dapat berfungsi untuk Windows versi bahasa lainnya.
    Jika Anda tidak di depan komputer yang mengalami masalah, Simpan solusi perbaikan mudah ke drive flash atau CD, lalu jalankan di komputer yang mengalami masalah. (Wordpress, pemecahan masalah ntp server, 2013)

    DAFTAR PUSTAKA

    Admin. (2012, 1 1). Ketika SpecialPollInterval digunakan sebagai interval Poling, Layanan Windows Time tidak benar saat jika layanan masuk ke status Spike. Retrieved 1 12, 2017, from Microsoft: https://support.microsoft.com/id-id/kb/2638243
    Budi. (2010, 1 1). pemecahan masalah ftp. Retrieved 1 12, 2017, from http://jawatimur-belajar.blogspot.co.id/2017/01/troubleshooting-layanan-ntp-server_11.html
    caturpurwaning. (2015, 4 4). caturpurwaning. Retrieved 1 12, 2017, from Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP: http://caturpurwaning.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-ntp-cara-kerja-ntp-dan.html
    Wordpress. (2013, 1 1). pemecahan masalah ntp server. Retrieved 1 12, 2017, from Wordpress: https://www.google.co.id/search?q=Review+Pengenalan+ntp+server&oq=Review+Pengenalan+ntp+server&aqs=chrome..69i57.1269j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#q=pemecahan+masalah+ntp+server
    Wordpress. (2013, 1 1). Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP. Retrieved 1 12, 2017, from Wordpress: https://support.microsoft.com/id-id/kb/816042


    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ
    Motto : Jika ilmu telah kau dapatkan, 
    maka ia berhak kau sebarkan..!!!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel