• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 11 Januari 2017

    MATERI 20 TROUBLESHOOTING LAYANAN DNS SERVER


    ·         Review Pengenalan DNS server
    Apa itu DNS? DNS merupakan kependekan dari Domain Name System atau ada yang menyebut Domain Name Service (sama saja). DNS adalah sebuah sistem yang menerjemahkan alamat domain (ex: pintarkomputer.com) menjadi IP address. (Niko, 2014)
    Review konfigurasi dan instalasi DNS server
    ·         Pengertian DNS Server
    DNS atau Domain Name Service adalah sebuah sistem yang dikembangkan untuk mengelola penamaan suatu komputer, layanan ataupun sumber daya di jaringan yang disusun secara hirarki dan terdistribus.
    DNS berfungsi untuk menerjemahkan nama-nama host (hostname) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet. DNS Server juga membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail.
    ·         Cara Membuat / Konfigurasi DNS Server di Linux Debian
    Sebelum membuat atau konfigurasi dns server di linux debian, alangkah baiknya anda sudah menginstal linux berbasis text dan sudah bisa menjalankan atau mengoperasikan sistem operasi tersebut. Setelah itu mari kita simak tutorialnya berikut ini. (reza, 2015)
    A. Instal OS Linux Debian [berbasis text]
    B. Konfigurasi jaringan
    Sebelum konfigurasi cek dulu apakah network di linux anda sudah di setting atau belum, jika belum perintah untuk mengeceknya adalah ketik ifconfig lalu enter. jika belum di setting, lakukan hal berikut. 
    - Edit network interfaces dengan cara ketik perintah : nano /etc/network/interfaces
    - Hapus dhcp diganti dengan static (Radianta, 2013)
    ·         Inbond troubleshooting
    Langkah 1 - John mengirim email ke Mary. John SMTP server menerima pesan.

    Langkah 2 - Johns server SMTP tidak lookup MX untuk menemukan alamat IP dari server SMTP Maria. Jika John SMTP server tidak dapat menemukan catatan MX, maka akan menghasilkan NDR (laporan tidak terkirim) kembali ke John memberitahukan server tidak ditemukan. (john, 2011)
    Inbound Link adalah link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang mengarah pada website kita. Jadi, analoginya seperti ini : Jika situs A melakukan link kepada situs B maka bisa dikatakan situs A mempunyai Outbound Link terhadap situs B dan situs B mempunyai Inbound Link terhadap situs A.
    Sedangkan Outbound Link adalah sebaliknya yaitu link dari postingan kita atau homepage yang mengarah pada website orang lain. (master, 2013)

    DAFTAR PUSTAKA

    john. (2011, 2 2). Pemecahan masalah terkait dengan email di-terikat. Retrieved 1 12, 2017, from Pemecahan masalah terkait dengan email di-terikat: https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.xeams.com/troubleshootinginbound.htm&prev=search
    master. (2013, 1 2). Master SEO dan WEB. Retrieved 1 12, 2017, from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
    Niko. (2014, 1 2). Pintar Komputer. Retrieved 1 12, 2017, from Pintar Komputer: http://www.pintarkomputer.com/pengertian-dan-penjelasan-tentang-dns-server-lengkap/
    Radianta, V. (2013, 13 1). Tutorial Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian. Retrieved 1 12, 2017, from BEGAL TECHNOLOGY: http://begal-tech.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-cara-membuat-konfigurasi-dns.html
    reza. (2015, 2 1). INSTALASI DAN KONFIGURASI DNS SERVER DI DEBIAN. Retrieved 1 12, 2017, from INSTALASI DAN KONFIGURASI DNS SERVER DI DEBIAN: http://reza-prihandi96.blogspot.co.id/2013/03/blog-post_28.html

    Nama : Heny kurniawati
    Sekolah : SMK Islam 1 blitar
    Job sheet: TKJ SMK Islam 1 Blitar

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel