• Breaking News

    Jadilah kalah karena mengalah,bukan kalah karena menyerah Jadilah pemenang karena kemampuan,bukan menang karena kecurangan. :)

    Rabu, 10 Agustus 2016

    Analisis Orjinalitas Proyek




         A.  Gagasan orisinil dan terintegrasi

    Gagasan atau ide adalah istilah yang dipakai baik secara populer maupun dalam bidang filsafat dengan pengertian umum "citra mental" atau "pengertian". Terutama Plato adalah eksponen pemikiran seperti ini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan cita-cita. Gagasan dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya: gagasan tentang sendok, muncul dalam bentuk sendok yang utuh di pikiran. Selama gagasan belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka gagasan masih berada di dalam pikiran.Gagasan menyebabkan timbulnya konsep, yang merupakan dasar bagi segala macam pengetahuan, baik sains maupun filsa. (WIKIPEDIA, Gagasan)
    Konsep Integrasi sistem adalah  suatu konsep sistem yang dapat saling berhubungan satu dengan  yang lain dengan berbagai cara yang sesuai dengan keperluan. Hal ini sangat bermanfaat bila suatu data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya atau output sustu sistem menjadi Input sistem lainnya. Keuntungan dari integrasi sistem ini adalah membaiknya suatu arus informasi dalam sebuah organisasi. Suatu pelaporan biasanya memang memerlukan waktu, namun demikian akan semakin banyak informasi yang relevan dalam kegiatan manajerial yang dapat diperoleh bila diperlukan. Keuntungan ini merupakan alasan yang kuat untuk mengutamakan (mengunggulkan) sistem informsi terintegrasi karena tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. (UMAM, 2010)

         B.  Otonomi tim kerja

    Tim adalah suatu unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mengkoordinasi kerja mereka untuk tujuan tertentu. Definisi ini memiliki tiga komponen. Pertama, dibutuhkan dua orang atau lebih. Kedua, orang – orang dalam sebuah tim memiliki interaksi regular. Ketiga, orang – orang dalam sebuah tim memiliki tujuan kinerja yang sama. Tim kerja adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual (Stephen, Timothy2008:406). Hal ini memiliki pengertian bahwa kinerja yang dicapai oleh sebuah tim lebih baik daripada kinerja per individu disuatu organsasi. (habibah, 2013)  Tim kerja (work group) adalah kelompok yang berinteraksi utamanya untuk saling berbagi informasi untuk membuat keputusan guna membantu satu sama lain dalam hal wilayah kewenangannya masing-masing. Kelompok kerja tidak memiliki kebutuhan ataupun kesempatan guna terlibat di dalam kerja kolektif yang memerlukan upaya gabungan. Akibatnya, kinerja mereka sekadar totalitas kontribusi dari seluruh individu anggota kelompok. Tidak ada sinergi positif yang menciptakan tingkat kinerja keseluruhan yang lebih besar ketimbang totalitas input yang mereka berikan. (syamsulshaleh, 2011)


         C.  Investigasi kelompok secara kolaboratif

    Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) Investigasi kelompok secara filosofis beranjak dari paradigma konstruktivis, yakni terdapat suatu situasi yang di dalamnya para siswa berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai informasi dan melakukan pekerjaan secara kolaboratif untuk menginvestigasi suatu masalah, merencanakan, mempresentasikan serta mengevaluasi kegiatan mereka. (Hermawan, 2012)
    model kolaboratif tipe investigasi kelompok. Sebagai contoh Penelitian pembelajaran mahasiswa ini menggunakan desain kaji-tindak (action research) melalui dua siklus. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa model kolaboratif tipe investigasi kelompok dapatmeningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hal itu ditandai oleh etos belajar mahasiswa yang menunjukkan perkembangan sejak siklus I yang berkategori baik dan tetapdipertahankan pada siklus II untuk menciptakan perkuliahan yang kondusif. Kualitas hasilpembelajaran mengalami peningkatan yang signi!ikan. Kualitas respons belajarmahasiswa terhadap pembelajaran juga dalam kategori baik. (Setyaningsih, 2014)





    DAFTAR PUSTAKA


    habibah. (2013, 5 3). MEMAHAMI TIM KERJA (Makalah Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi). Retrieved 8 8, 2016, from HABIBAHSMART: https://habibahsmart.wordpress.com/2013/05/10/makalah-kepemimpinan-dan-perilaku-organisasi/
    Hermawan, R. (2012, 7 3). GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHASISWA TERHADAP MATERI PERKULIAHAN. Retrieved 8 11, 2016, from INVESTIGASI KELOMPOK : http://ruswandi.staf.upi.edu/2012/07/11/investigasi-kelompok-group-investigation-untuk-meningkatkan-penguasaan-mahasiswa-terhadap-materi-perkuliahan/
    Setyaningsih, N. H. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia. LINGUA , 1-1.
    syamsulshaleh. (2011, 10 5). KELOMPOK DAN TIM KERJA. Retrieved 8 11, 2016, from The Power Of JUJU: http://syamsulshaleh.blogspot.co.id/2011/10/kelompok-dan-tim-kerja.html
    UMAM, K. (2010, 11 1). KONSEP INTEGRASI SISTEM. Retrieved 8 11, 2016, from BERBAGI ILMU: https://umam271089.wordpress.com/2010/11/01/konsep-integrasi-sistem/
    WIKIPEDIA. (Gagasan, 2013 4). Retrieved 2016 11, 6, from WIKIPEDIA: https://id.wikipedia.org/wiki/Gagasan




    Biodata:
    Nama    : Heny kurniawati
    Sekolah: SMK ISLAM 1 BLITAR
    Hobby   : travelling and Shopping
    Motto: Warnailah harimu dengan ilmu yang bermanfaat!!!


    Tertarik dengan tulisan saya KLIK DISINI

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel